Kamis, 26 Januari 2017

CARA MENGUKUR KETEBALAN COATING



Untuk mengetahui ketebalan coating yang digunakan, pada prakteknya biasanya menggunakan dua metode, yaitu mengukur ketebal coatingnya dalam satuan panjang, atau mengukur sebaran coating pada baja dasar dalam satuan berat per luas penampang.

Nah disini saya akan share cara mengetahui tebal coating. 

Pengukuran dalam milimeter atau micron, dalam aplikasinya ketebalan yang biasa diinformasikan adalah ketebalan material total atau   Total Coating Thickness (TCT), sehingga ketebalan coating akan  diperoleh dari ketebalan TCT dikurangi dengan Base Metal Thickness (BMT). BMT adalah 

       
                       tebal coating = TCT - BMT

Sebagai contoh TCT=0.75mm, dengan BMT=0.7mm, maka 
                       tebal coating = 0.75mm - 0.7mm 
                                            = 0.05mm atau 50 micron



Hal yang harus diperhatikan adalah spesifikasi produk yang ditawarkan terkadang diukur dalam satuan TCT, tetapi tidak memberikan gambaran yang jelas mengenai BMT yang digunakan, sehingga pada pelaksanaannya jika ketentuan spesifikasi tidak ditetapkan maka produsen akan memilih menebalkan profil baja dengan menipiskan coating, karena nilai coating sangatlah tinggi, bisa mencapai 60% dari harga bahan bakunya.


Sebagai contoh: pelat 0.75mm TCT tanpa ketentuan AZ yang diperlukan akan mempunyai komposisi 0.72mm BMT+0.03mm tebal coating, atau komposisi 0.7mm BMT+0.05mm tebal coating, yang kedua tentunya akan lebih mahal daripada komposisi yang pertama.

Itulah sedikit informasi yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat.


Jika Anda memerlukan jasa pemasangan atap baja ringan Anda bisa menghubungi "Pabrik Baja Indonesia" , sebuah perusahaan jasa konstruksi specialis atap baja ringan yang "Mengedepankan Kejujuran, Kualitas dan Professionalitas".

www.pabrikbaja.com
Call : 022-2066 3394 SMS/WA/Telegram : 0811 2049 112 / 0811 2049 113  
Instagram : PabrikBaja Facebook : Pabrik Baja Indonesia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar