Kamis, 19 Januari 2017

PERBEDAAN RANGKA ATAP BAJA RINGAN DAN RANGKA ATAP KAYU

Tujuan utama dari pembangunan Atap Rumah tentunya adalah untuk memaksimalkan perlindungan bangunan dari pengaruh negatif eksternal.
Dalam hal ini, untuk memnentukan rangka apa yang tepat dalam memenuhi kebutuhan atap rumah Anda tentunya diperlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam memilih.  Karena jika salah sedikit saja dalam perhitungan, maka keselamatan Anda dan keluarga Anda yang menjadi taruhannya.


Persyaratan utama untuk pemilihan bahan dan desain atap rumah adalah kekuatan, stabilitas dan kehandalan. Bahan untuk pembuatan atap paling umum digunakan adalah dari bahan kayu, tetapi alternatif lain yang juga sangat populer saat ini adalah atap baja ringan


Dalam dunia kontruksi saat ini, rangka atap dari baja ringan menjadi pilihan yang sering dipakai dan makin marak digunakan pada rumah, ruko, gudang, rumahsakit, sekolahan dan banyak lainnya. karena kontruksi atap baja ringan dianggap lebih efektif dan efisien serta lebih ekonomis baik dari segi anggaran maupun waktu pengerjaan. selain itu, atap baja ringan cocok untuk diaplikasikan diwilayah yang beriklim tropis karena atap merupakan elemen bangunan yang mempunyai fungsi untuk melindungi ruangan dari terpaan panas matahari dan air hujan.


Namun, meskipun demikian masih banyak yang ragu memakai atap dengan baja ringan dikarenakan banyaknya tragedi bobroknya atap baja ringan.

Sebetulnya hal itu di sebabkan karena salahnya perhitungan awal dalam memasang rangka baja ringan.Berikut saya akan share perbedaan rangka atap baja ringan dan rangka atap kayu. 
Semoga bermanfaat.




No.
Baja Ringan


Kayu
1.
Lebih Ringan
 ðŸŒŸ

Lebih berat
2.
Bersifat tahan api, tidak memperbesar api
 ðŸŒŸ

Tidak tahan api, memperbesar api
3.
Anti Rayap
 ðŸŒŸ

Tidak anti rayap
4.
Pemasangan relative lebih cepat
 ðŸŒŸ

Pemasangan relative lebih lama
5.
Bisa bertahan sampai lebih dari 20 tahun
 ðŸŒŸ

Bertahan hanya sampai 10 tahunan lebih
6.
Kurang Fleksibel

 ðŸŒŸ
Fleksibel, dapat di potong dan dibentuk
7.
Sistem rangkanya kurang menarik dilihat (harus pakai penutup plafon)

 ðŸŒŸ
Sistem rangkanya dapat di ekspos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar