Senin, 23 Januari 2017

KONTRUKSI KUDA-KUDA BAJA RINGAN

Konstruksi kuda-kuda adalah susunan rangka batang yang berfungsi mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri, sekaligus dapat memberikan bentuk pada atap.
Kuda-kuda merupakan penyangga utama pada struktur atap. Struktur ini termasuk dalam klasifikasi struktur framework (truss), secara umumnya kuda - kuda terbuat dari kayu, bambu, baja, dan beton bertulang. 
  • kuda - kuda baja sebagai pendukung atap, dengan sistem frame work atau lengkung dapat mendukung beban atap sampai dengan bentang 75 meter, seperti pada hanggar pesawat, stadion olah raga, bangunan pabrik, dll.
  • Pada kuda - kuda baja ringan diperlukan ikatan angin untuk memperkaku struktur kuda-kuda pada arah horisontal. 
Pada dasarnya konstruksi kuda - kuda terdiri dari rangkaian batang yang selalu membentuk segitiga. Dengan mempertimbangkan berat atap serta bahan dan bentuk penutupnya, maka konstruksi kuda - kuda satu sama lain akan berbeda, tetapi setiap susunan rangka batang harus merupakan satu kesatuan bentuk yang kokoh yang nantinya mampu memikul beban yang bekerja tanpa mengalami perubahan. 
Kuda-kuda diletakkan diatas dua struktur baja selaku tumpuannya. Perlu diperhatikan bahwa tembok diusahakan tidak menerima gaya horisontal maupun momen, karena tembok hanya mampu menerima beban vertikal saja ( dalam perhitungan struktur tembok tidak diperhitungkan sebagai penerima beban tapi hanya sebagai beban )
Beban-beban yang dihitung adalah :
  1. Beban mati ( yaitu berat penutup atap, reng, usuk, gording, kuda - kuda, plafon termasuk instalasi listrik, air bersih/air kotor dan instalasi lain yang berada diatas plafon dengan posisi menggantung )
  2. Beban hidup ( angin, air hujan, orang pada saat memasang/memperbaiki atap ).
Kuda - kuda berdasarkan bentang kuda-kuda berbahan baja ringan 

a.    Bentang 9-16 Meter
Untuk bentang 9 s.d. 16 meter, bahan dari baja (double angle).
Kuda-kuda Bentang 9-16 Meter

        b.   Bentang 20 Meter 
      Bentang maksimal sekitar 20 m, Bahan dari baja (double angle)

Kuda-kuda Bentang 20 Meter


c.    Kuda-Kuda Baja Profil Siku



Kuda-kuda Baja Profil Siku  

Jika Anda memerlukan jasa pemasangan atap baja ringan Anda bisa menghubungi "Pabrik Baja Indonesia" , sebuah perusahaan jasa konstruksi specialis atap baja ringan yang "Mengedepankan Kejujuran, Kualitas dan Professionalitas".

www.pabrikbaja.com
Call : 022-2066 3394 SMS/WA/Telegram :0811 2049 112 / 0811 2049 113 
Instagram : PabrikBaja Facebook : Pabrik Baja Indonesia 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar